Aplikasi Penyusunan Rks - Rkas Berbasis Spm Dan Snp Untuk Sd-Mi Denganexcel
OPERATORSEKOLAH.COM - Aplikasi Penyusunan RKS - RKAS berbasis SPM dan SNP untuk SD-MI dengan Excel merupakan jadwal rekomendasi untuk membuat laporan Rencana Kerja Sekolah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah di tahun Pelajaran 2019-2019 sekarang ini bahkan bisa digunakan untuk tahun berikutnya 2019 - 2019 tergantung dari juknis, namun secara umum fitur dan fungsi pada jadwal ini sudah sangat fleksibel.
Mengenal lebih dekat wacana RKS dan RKAS
Setiap tahun satuan pendidikan dituntut menjawab tiga duduk masalah dengan menggunakan perangkat indikator kinerja dalam rangka melakukan pengkajian obyektif terhadap capaian indikator SPM, Akreditasi, SNP serta pengumpulan bukti mengenai kinerja peningkatan mutu pendidikan yang telah dilakukan.
Sekolah/Madrasah sebagai suatu lembaga/institusi memiliki satu tujuan atau lebih. Langkah mencapai tujuan tersebut, perlu disusun rencana, tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut. Pada umumnya tujuan Sekolah/ Madrasah tercermin dalam bentuk Visi dan Misi Sekolah/Madrasah. Untuk mencapai visi dan misinya Sekolah/Madrasah menyusun perencanaan jadwal dan jadwal yang dituangkan dalam Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah (RPS) atau Rencana Kerja Sekolah/Madrasah (RKS/M).
Umumnya Sekolah/Madrasah cenderung statis dan mulai bergerak setelah duduk masalah muncul ke permukaan. Perencanaan dilakukan tidak hanya untuk mengatasi duduk masalah yang sedang dihadapi, tetapi juga untuk perencanaan ke depan dalam hal peningkatan kinerja Sekolah/Madrasah atau untuk mengantisipasi perubahan dan tuntutan jaman. Pada umumnya Sekolah/Madrasah lebih mengutamakan pengembangan fisik, padahal pengembangan non fisik jauh lebih penting, alasannya yakni salah satu tujuan utama Sekolah/Madrasah ialah menghasilkan anak didik yang bermutu.
Visi dan Misi Sekolah/Madrasah pada umumnya masih bersifat umum, sehingga perlu dijabarkan/dirinci dan programnya harus sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Sekolah/Madrasah. Sangat sering ditemukan Sekolah/Madrasah tidak memiliki jadwal yang relevan atau tidak sesuai dengan Visi-Misinya.
RKS/M sebaiknya dibuat bersama secara partisipatif antara pihak Sekolah/ Madrasah (KS dan guru) bersama dengan pemangku kepentingan ibarat Komite Sekolah/Madrasah, tokoh masyarakat, dan pihak lain di sekitar Sekolah/Madrasah yang peduli pendidikan. Dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, Sekolah/Madrasah telah memperlihatkan sikap keterbukaan dan siap bekerjasama. Hal tersebut akan meningkatkan rasa memi-liki, serta sanggup mengundang simpati sehingga masyarakat akan merasa senang memperlihatkan pemberian atau sumbangan yang diperlukan Sekolah/Madrasah.
RKS/M disusun dan dilaksanakan berdasarkan kebutuhan Sekolah/Madrasah dalam rangka pemenuhan indikator Standar Nasional Pendidikan dan manajemen berbasis Sekolah/Madrasah (MBS) yang dirumuskan sebagai evaluasi diri Sekolah/ Madrasah (EDS/M), dikaitkan dengan praktek dan kiprah kelembagaan yang memang sudah berjalan, seperti:
- Manajemen Sekolah/Madrasah
- Perencanaan Pengembangan Sekolah/Madrasah
- Akreditasi Sekolah/Madrasah
- Implementasi SPM dan SNP
- Peran Pengawas Sekolah/Madrasah
Secara singkat EDS/M dirancang untuk digunakan oleh Tim Pengembang Sekolah/ Madrasah (TPS/M) dalam melakukan evaluasi kinerja Sekolah/Madrasah terhadap pencapaian Standar Pelayanan Minimum (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP)
TUJUAN
Tujuan utama Penyusunan dan perumusan EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M dengan menggunakan tools ini adalah:
a) Peserta memahami manfaat dalam mengevalusi mutu pendidikan secara terencana (setiap tahun) di Sekolah/Madrasahnya masing-masing berdasarkan hasil analisis evaluasi diri Sekolah/Madrasah.
a) Peserta memahami manfaat dalam mengevalusi mutu pendidikan secara terencana (setiap tahun) di Sekolah/Madrasahnya masing-masing berdasarkan hasil analisis evaluasi diri Sekolah/Madrasah.
b) Peserta memahami profil satuan pendidikan disesuaiakan dengan tingkat capaian yang terdapat dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sekaligus sanggup memotret (memetakan) dan mempersiapkan akreditasinya.
c) Peserta memahami beberapa hal yang harus direncanakan untuk memperbaiki kualitas pendidikan melalui dana BOS secara bertahap yang dituangkan dalam RKS/M.
d) Peserta memahami bagaimana menjabarkan RKS/M menjadi Rencana Kerja Tahunan (RKT) sebagai dasar untuk penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKAS/M).
e) Peserta memahami petunjuk teknis penggunaan dan mempraktikkan cara pengisian tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M.
f) Peserta (Sekolah/Madrasah/madrasah) sanggup merampungkan dokumen RKS/M dan RKT sebagai pedoman pelaksanaan jadwal dan penggunaan angggaran.
Fasilitas pemanis pada aplikasi RKS - RKAS |
Penyusunan RKS/M berbasis EDS/M dengan menggunakan tools ini memperlihatkan manfaat sebagai berikut: a) Sekolah/Madrasah memiliki profil Sekolah/Madrasah hasil dari analisis kekuatan dan kelemahan Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah (EDS/M). b) Sekolah/Madrasah memiliki laporan EDS/M yang sanggup digunakan sebagai materi rekomendasi untuk penyusunan dokumen RKS/M, RKT dan RKAS/M sekaligus memiliki potret (pemetaan) pencapaian akreditasi.
Sekolah/Madrasah memiliki dokumen RKS/M 4 tahun berdasarkan hasil EDS/M, dan Sekolah/Madrasah memiliki dokumen RKT hasil ‘breakdown” RKS/M untuk 4 tahun sekaligus. d) Sekolah/Madrasah memiliki rancangan RKAS/M untuk 4 tahun. e) Sekolah/Madrasah memiliki LAKIS (Laporan Akuntabilitas Kinerja Sekolah/Madrasah). f) Sekolah/Madrasah bisa mengukur ketercapaian indikator yang terdapat pada SPM dan SNP.
Untuk Panduan Penggunaan silahkan download dan baca petunjuk teknisnya, sudah terlampir dengan Aplikasi Penyusunan RKS - RKAS berbasis SPM dan SNP untuk SD-MI dengan Excel. SILAHKAN DIDOWNLOAD.
Link Google Drive:
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Aplikasi Penyusunan Rks - Rkas Berbasis Spm Dan Snp Untuk Sd-Mi Denganexcel"