Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bimtek Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2019 Di Sekolah Dasarmenyambut Kurikulum Nasional

BIMTEK PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM  BIMTEK PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM  Bimtek Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2019 Di Sekolah DasarMenyambut Kurikulum Nasional
Proses pembelajaran dirancang biar peserta didik mampu menyebarkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, watak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Proses pembelajaran pada suatu satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta menunjukkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis. Untuk itu setiap satuan pendidikan perlu melakukan perencanaan pembelajaran yang dirancang dalam dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
TUJUAN
Secara umum bimteks ini bertujuan biar peserta mampu menyusun Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran (RPP) sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2019. Secara khusus diperlukan peserta dapat:
  1. Menganalisis pola RPP Kurikulum 2019 yang sudah disusun.
  2. Memperbaiki RPP Kurikulum 2019 berdasarkan hasil analisis.
  3. Membuat RPP Kurikulum 2019 
MASALAH 
  1. Seringkali guru tidak mengakibatkan RPP sebagai pola dalam melakukan pembelajaran, namun lebih ditempatkan sebagai kelengkapan administrasi.
  2. Guru mengalami kesulitan dalam memetakan Kompetensi Dasar dari Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI-1) dan Sikap Sosial (KI-2).
  3. Guru mengalami kesulitan dalam merumuskan indikator untuk KI-1  dan  KI-2.
  4. Guru mengalami kesulitan dalam menentukan jenis instrumen penilaian yang sesuai dengan KD.
PENYELESAIAN TUGAS
Untuk merampungkan masalah di atas, bapak/ibu mampu mengikuti saran berikut.
1.Guru membuat RPP secara individu melalui acara mampu bangun diatas kaki sendiri atau secara kelompok melalui acara KKG.
2.Guru menggunakan RPP yang dirancangnya sebagai pola dalam melakukan proses pembelajaran.
3.Guru berlatih dan sharing dengan sobat sejawat atau melalui acara KKG untuk:
a.mengidentifikasi, memetakan serta merumuskan indikator KD dari KI 1 dan KI 2.
b.Menentukan dan merancang penilaian sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.

Download Lengkap Berkas Handout RP BIMTEK PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2019 DI SEKOLAH DASAR MENYAMBUT KURIKULUM NASIONAL

Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Bimtek Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2019 Di Sekolah Dasarmenyambut Kurikulum Nasional"